Supervisi Akademik

KATA PENGANTAR

Tugas pengawas sekolah adalah melaksanakan pembinaan dan penilaian teknik dan administratif pendidikan terhadap sekolah yang menjadi tanggungjawabnya. Tugas ini dilakukan melalui pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan.

Supervisi oleh pengawas sekolah meliputi supervisi manajerial yang berhubungan dengan aspek pengelolaan dan administrasi sekolah, dan supervisi akademik yang berhubungan dengan aspek pelaksanaan proses pembelajaran.

Untuk membantu pengawas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melaksanakan supervisi yang terprogram, terarah, dan berkesinambungan telah disusun dua buku supervisi yaitu:

  1. Buku Instrumen Supervisi Manajerial
  2. Buku Instrumen Supervisi Akademik

Supervisi akademik dilakukan oleh pengawas, kepala sekolah, dan guru yang ditugasi oleh kepala sekolah untuk melakukan tugas sebagai penyelia.

Buku Instrumen Supervisi (IS) Akademik ini disusun sebagai acuan bagi para penyelia dalam melaksanakan pengamatan proses pembelajaran, baik untuk pembinaan maupun penilaian.

Di dalam buku IS Akademik ini terdapat dua macam format IS yaitu:

  1. IS “Kunjungan Kelas (Umum)” digunakan untuk supervisi akademik terhadap semua mata pelajaran tanpa memperhatikan latar belakang pendidikan dari penyelianya.

2. IS “Supervisi klinis (Khusus)” digunakan untuk supervisi akademik mata pelajaran tertentu dengan penyelia yang berlatar belakang sama/serumpun dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru yang disupervisi.

Format IS Supervisi klinis meliputi tiga bagian yang digunakan sebelum pengamatan (Pra observasi), selama pengamatan (Observasi) dan setelah pengamatan pembelajaran (pasca observasi).

Diharapkan dengan adanya buku supervisi akademik ini para pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru yang ditugasi sebagai penyelia dapat lebih efektif melaksanakan pengamatan pembelajaran dalam rangka pembinaan profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Saran dan masukan untuk penyempurnaan Buku IS Akademik yang akan datang sangat dihargai.

Jakarta,  Juli 2009

Kepala Dinas Pendidikan

Provinsi DKI Jakarta

Dr. H. Taufik Yudi Mulyanto, M.Pd

NIP  131 679 687

DAFTAR ISI

Hal

Kata Pengantar                                                                                                        1

Daftar Isi                                                                                                                    2

Petunjuk Pengisian Instrumen Supervisi Klinis                                                           3

IS Klinis Pendidikan Kewarganegaraan                                                             6

IS Klinis IPS                                                                                                              10

IS Klinis Bahasa Indonesia                                                                                               14

IS Klinis Bahasa Inggris                                                                                         18

IS Klinis Matematika                                                                                               22

IS Klinis IPA – 1                                                                                                       25

IS Klinis IPA – 2                                                                                                       29

IS Klinis IPA – 3                                                                                                       33

IS Klinis IPA – 4                                                                                                       37

IS Klinis Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan                              41

IS Layanan BK                                                                                                         44

IS Klinis Seni Budaya                                                                                             47

IS Akademik (Umum)                                                                                             50

PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS

CONTOH UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Format A : Panduan Wawancara Pra Observasi

Berisi pertanyaan yang dilakukan sebelum penyelia melakukan pengamatan pembelajaran. Pertanyaan ini dapat dikembangkan oleh penyelia. Jawaban guru direkam dengan mencatat kata-kata kuncinya di lembar lain atau ditulis pada panduan dengan mengisi kolom catatan yang disediakan sesuai dengan aspek yang ditanyakan.

Format B : Daftar Periksa Observasi Pembelajaran

Instrumen ini diisi dengan membubuhkan tanda “v” pada kolom “tidak” jika aspek yang diamati tidak muncul. Kolom ”ya” (artinya aspek yang ditanyakan muncul) dibagi menjadi dua bagian yaitu ”baik” dan ”perlu diperbaiki”. Penyelia mengisi kolom tersebut dengan kualitas aspek yang ditanyakan  sesuai dengan kondisi pembelajaran yang diamati.

Kegiatan pembelajaran idealnya meliputi 3 tahapan yaitu : Pendahuluan, Kegiatan Inti dan Penutup.

Contoh :

  1. I.    Pendahuluan

1.  Kolom “ya” diisi jika guru telah menyiapkan alat bantu/alat peraga yang diperlukan

2.  Menertibkan suasana kelas, artinya menciptakan suasana agar semua siswa siap belajar misalnya siswa duduk dengan tertib, tidak gaduh dan memperhatikan guru. Kolom “ya” diisi bila secara umum tidak terjadi hal-hal yang mengganggu jalannya pembelajaran.

Memeriksa presensi siswa, artinya melakukan pengecekan terhadap kehadiran siswa dan mencatat siswa yang tidak hadir.

3.  Membangkitkan motivasi, artinya membangkitkan kemauan belajar pada diri siswa,  agar siswa merasa tertarik ingin tahu apa yang akan disampaikan oleh guru.

Usaha guru untuk ini antara lain :

a.  berpenampilan menarik, terkesan percaya diri dan ramah,

b.  mengawali pelajaran dengan ceria,

c.  menunjukkan kegunaan bahasan ini dalam kehidupan sehari-hari atau hubungannya dengan mata pelajaran yang lain,

d.  memberi permasalahan yang menantang sehingga membangkitkan keinginan siswa untuk memecahkannya.

Kolom “ya” diisi bila secara umum ( + 75%) siswa berminat/menaruh perhatian terhadap pembelajaran.

4.  Guru melakukan apersepsi (pengetahuan prasyarat yang berkaitan dengan materi), misalnya guru mengajukan pertanyaan mengenai materi pelajaran yang lalu yang berhubungan dengan materi yang akan dibahas.

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan .

5.  Guru memberitahukan kompetensi dasar atau indikator pembelajaran, artinya menjelaskan kemampuan yang diharapkan dimiliki siswa seusai pembelajaran.

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan.

6.  Kolom ”ya” diisi jika guru memberitahukan topik pembelajaran baik secara lisan maupun ditulis di papan tulis.

7.  Kolom ”ya” diisi bila guru memberikan tes awal/pertanyaan untuk mengetahui kemampuan  siswa terhadap materi pembelajaran yang akan dibahas.

II.  Kegiatan Inti

A. Unsur Materi.

8.  Penguasaan Materi.

Kolom “ya” diisi bila tidak ada indikasi guru kurang percaya diri (ragu-ragu) dalam menyajikan pembelajaran

9. Guru menguasai materi jika pertanyaan-pertanyaan siswa dijawab dengan tepat.

10. Kesesuaian materi artinya materi yang disajikan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disiapkan.

11. Pembelajaran disertai dengan contoh perilaku yang terjadi pada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami siswa.

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan.

B. Unsur Pembelajaran

12. Jawaban “ya” diisi bila metode pembelajaran yang digunakan sesuai untuk materi yang dibahas dan kompetensi yang akan dicapai siswa.

13 dan 14  cukup jelas

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan.

15. Menerapkan teknik bertanya yang baik misalnya ketika memberi pertanyaan, sikap guru     a. mengajukan pertanyaan kepada semua siswa

  1. memberi waktu tunggu bagi siswa untuk berpikir
  2. menghindari jawaban serentak dengan menunjuk salah seorang siswa untuk menjawab

Guru juga menanggapi jawaban siswa dengan baik berarti menaruh perhatian terhadap apa yang dikemukakan siswa.

Sikap guru     a.  mendengarkan sampai selesai (tidak memotong jawaban siswa)

b.  tidak mencemooh walaupun jawaban siswa kurang tepat

c.  tidak langsung menyalahkan pendapat siswa

Kolom “ya” diisi bila sikap-sikap di atas muncul

16, 17, 18, dan 19  cukup jelas.

Kolom ”ya” diisi jika hal tersebut dilakukan.

  1. Penggunaan alat/media secara efektif dan efisien artinya alat/media digunakan dengan benar dan tepat waktu serta membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan.

  1. Penggunaan papan tulis dengan  benar, diantaranya :
  • papan tulis dibagi 2 atau 3 bagian,
  • yang ditulis pokok-pokok penting saja,
  • menulis tidak membelakangi siswa.

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan

B. Penampilan

  1. Kerapian berbusana.

Kolom “ya” diisi bila guru berpakaian rapi, bersih, bersepatu, kancing baju terpasang, rambut tersisir rapi.

  1. Kejelasan berbicara

Kolom “ya” diisi bila cara bicara guru jelas dan dapat dipahami.

  1. Kewibawaan

Kolom “ya” diisi bila sikap guru tampak disegani oleh siswa karena menguasai materi, berprilaku baik, dapat menjadi panutan, disiplin.

III. Penutup

  1. Membuat rangkuman

Kolom “ya” diisi jika dilakukan.

  1. Memberikan tes akhir kegiatan/penilaian proses secara lisan atau tertulis.

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan, baik pada akhir kegiatan maupun pada saat pembelajaran berlangsung.

  1. Memberi PR/ menyinggung materi yang akan datang/ penguatan.

Kolom “ya” diisi bila hal tersebut dilakukan.

Format C : Panduan Wawancara Pasca Observasi.

Wawancara dilakukan tidak di dalam kelas yang diamati beberapa saat setelah pengamatan pembelajaran selesai.

Pengolahan Hasil Supervisi

Pengolahan data dilakukan setelah proses wawancara pasca observasi.

Penilaian hasil secara kualitatif yaitu amat baik, baik, cukup dan kurang dengan memperhatikan tanda v pada kolom ”ya, baik”.

Contoh penilaian

Nilai Secara Keseluruhan

Jumlah jawaban “ya, baik” Nilai kuantitatif Kualifikasi Keterangan
24 – 27 

20 – 23

15 – 19

< 15

86  – 100 

71 – 85

56 – 70

< 56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

 

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Kompetensi Dasar/Topik           : …………………………………………………….

…………………………………………………….

…………………………………………………….

6.  Waktu                                            : ……………….., menit, jam ke , ……………….

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir :……orang, tidak hadir : ……orang

8.  Nama penyelia                            : …………………………………………………….

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara …………. menit

NO. PERTANYAAN CATATAN WAWANCARA
1. Apa topik pembelajaran yang akan saudara sajikan? ……..…………………………………… 

……………………………………………

2. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa? ……..…………………………………… 

……………………………………………

3. Nilai-nilai apa yang akan dikembangkan? ……..…………………………………… 

……………………………………………

4. Sikap apa yang diharapkan agar menjadi kebiasaan siswa? ……..…………………………………… 

……………………………………………

5. Persiapan tertulis apa saja yang saudara buat? Silabus                          : ada/tidak 

Prota/Prosem                : ada/tidak

Rencana pembelajaran  : ada/tidak

6. Dapatkah saudara menceritakan tahapan pembelajaran ? Tahapan yang disampaikan sesuai/ tidak sesuai dengan persiapan tertulis
7. Adakah materi yang diperkirakan sulit dipahami oleh siswa? Materi sulit : 

…………………………………………

………………………………………….

8. Apakah dugaan saudara mengenai sumber kesulitan belajar siswa? …………………………………………… 

…………………………………………….

9. Bagaimanakah kesiapan saudara untuk tampil di depan kelas? ……..…………………………………… 

……………………………………………

10. Metode apa yang utama akan saudara gunakan? …………………………………………… 

…………………………………………….

11. Apakah saudara akan menggunakan alat bantu? Jika tidak, mengapa? Jika ya, apa saja yang saudara siapkan? Mengapa alat-alat itu saudara gunakan? …………………………………………… 

…………………………………………….

…………..……………………………….

…………………………………………….

12. Bagaimana kalau saya ikut mengamati pembelajaran di kelas saudara? ………………….……………………….. 

…………………………………………….

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DIAMATI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I

 

Pendahuluan 

  1. Guru telah menyiapkan alat bantu/ peraga
  2. Guru menertibkan suasana dan memeriksa presensi siswa.
  3. Guru melakukan apersepsi
  4. Guru memberikan motivasi kepada siswa
  5. Guru memberitahukan topik pembelajaran
  6. Guru memberitahukan kompetensi yang akan dicapai
  7. Guru memberikan tes awal
Jumlah  I
Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 27 = …………..
II.  

A.

B.

 

Kegiatan inti

Unsur materi.

  1. 8.      Materi disajikan guru dengan   penuh percaya diri
  2. 9.      Guru menguasai materi.

10.   Materi yang disajikan sesuai dengan rencana yang disiapkan

11.   Guru memberikan contoh-contoh yang mudah dipahami siswa (contoh perilaku)

Unsur pembelajaran.

  1. Menggunakan  metode yang relevan.
  2. Memberikan contoh-contoh.
  3. Melibatkan siswa dengan tanya jawab.
  4. Menerapkan teknik bertanya yang baik
  5. Meminta siswa untuk memberikan contoh perilaku sesuai dengan materi yang dibahas.
YA
NO. ASPEK YANG DIAMATI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
 

C.

 

 

  1. Meminta siswa untuk mempera-gakan suatu perilaku yang ber- kembang di masyarakat sesuai dengan materi yang dibahas
  2. Memberikan bimbingan budi pekerti sesuai dengan materi pelajaran
  3. Mengembangkan diskusi lebih ditekankan pada perilaku yang berkembang di masyarakat.
  4. Penggunaan alat bantu/media secara efektif dan efisien
  5. Penggunaan papan tulis

Penampilan

22.  Kerapian berbusana

  1. Kejelasan berbicara
  2. Kewibawaan
Jumlah II
Nilai II à (Juml.”ya, baik” x 100) : 27  

=

 

…………..

III. 

 

Penutup. 

25. Bersama siswa menyimpulkan isi pokok/pesan materi pelajaran.

  1. Penilaian proses pencapaian kompetensi/tes akhir
  2. Pemberian tugas.
Jumlah III
 

Nilai III à (Juml.”ya, baik” x 100)

 

: 27

 

=

 

………..

Jumlah Seluruhnya
 

Nilai kuantitatif

 

……….

 

Kualifikasi

 

……….

 

FORMAT  C

PEDOMAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana pendapat saudara setelah melaksanakan pembelajaran ini?
 

2.

Apakah pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
 

3.

 

Dapatkah saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dan hal-hal yang belum memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?

 

4.

 

Bagaimanakah perkiraan saudara mengenai ketercapaian kompetensi siswa?

5. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
6. Apa yang menjadi kesulitan saudara?
7. Bagaimanakah alternatif untuk mengatasi kesulitan itu?
 

8.

 

Marilah kita bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu ditingkatkan berdasarkan pengalaman saudara dan pengamatan saya.

 

9.

 

Dengan demikian apa yang ingin saudara tingkatkan untuk pertemuan yang akan datang?

Kesan umum :

……………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………..

Saran :

……………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………………………..

Guru yang disupervisi,                                                       Pengamat : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru pembina,

—————————–                                                            ————————————

Pedoman penilaian akhir hasil observasi

Jumlah jawaban “ya, baik” Nilai kuantitatif Kualifikasi Keterangan
24 – 27 

20 – 23

15 – 19

< 15

86  – 100 

71 – 86

56 – 70

< 56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

 

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS

RUMPUN MATA PELAJARAN : IPS

MATA PELAJARAN : ……………………………………..

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester/th. pelajaran    : ……………………………………………………..

5.  Kompetensi Dasar/Topik           : ……………………………………………………..

6.  Waktu                                            : ………………menit, jam ke , …………………..

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir :.……orang, tidak hadir : ……orang

8.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT A

DAFTAR PERTANYAAN PRA PENGAMATAN

Lamanya wawancara : ……………….. menit

NO. PERTANYAAN CATATAN WAWANCARA
1. Apa topik yang akan saudara sajikan ? ………………………………………. 

……………………………………….

2. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa?  

………………………………………..

3. Persiapan tertulis apa saja yang saudara buat? Prog. Tahunan                 : ada/tidak 

Prog. semester                : ada/tidak

Silabus                            : ada/tidak

Rencana pembelajaran    : ada/tidak

4. Dapatkah saudara menceritakan pentahapan pembelajaran? Tahapan yang disampaikan sesuai/ tidak sesuai dengan rencana tertulis
5. Materi-materi apa yang menjadi sumber kesulitan belajar siswa? 

Kesulitan apakah dalam mendapatkan sumber-sumber belajar?

a.  ……………………………………. 

b.  …………………………………….

c.  …………………………………….

a. …………………………………….

b. …………………………………….

6. Apakah dugaan saudara mengenai sumber kesulitan belajar siswa? ……………..……………………….. 

……………………………………….

7. Bagaimana perasaan saudara mengenai kesiapan saudara mengajar? Siap/kurang siap ……………………………………
8. Metode apa yang utamanya akan digunakan ? 

 

………….…………………………….. 

…………………………………………

9. Apakah saudara akan menggunakan alat bantu ? Jika tidak, mengapa? Jika ya, apa saja yang saudara siapkan? Mengapa alat-alat itu saudara gunakan? ……………….………………………. 

…………………………………………

…………..…………………………….

…………………………………………

……………….………………………..

 

10. Apakah saudara tidak keberatan, apabila saya ikut mengamati pembelajaran di kelas saudara ? ………………………………………… 

…………………………………………

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DIAMATI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
 

I.

 

Pendahuluan

1.  Menertibkan suasana kelas

2.  Mengecek presensi siswa

3.  Membangkitkan motivasi belajar

4.  Melakukan apersepsi

5.  Memberitahukan Kompetensi Dasar / Indikator

Jumlah I
Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 28  

=

 

………

 

II

A

B

 

 

Kegiatan Inti

Unsur materi

1.  Penguasaan materi

2.  Sistematika penyampaian materi

Unsur Pembelajaran

  1. 1.    Menjelaskan materi melalui pera-gaan/contoh
  2. 2.    Mengajukan pertanyaan terbuka untuk merangsang pemikiran siswa
  3. 3.    Memberikan pertanyaan yang menuntut proses berpikir siswa
  4. 4.    Mengajukan pertanyaan kepada seluruh siswa
  5. 5.    Memberikan kesempatan untuk berpikir kepada siswa sebelum menjawab
  6. 6.    Siswa tidak memberikan jawaban serempak, tetapi diminta mengacungkan tangan
  7. 7.    Mengajukan pertanyaan lanjutan yang akan mendorong siswa untuk lebih mendalami jawaban yang pertama (problem question)
  8. 8.    15. Menampung jawaban dari beberapa siswa
  9. 9.    16. Guru menanggapi jawaban-jawaban siswa dalam upaya memberikan dorongan verbal atau non verbal
YA
NO. ASPEK YANG DIAMATI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
 

C.

17. Guru memberikan variasi dalam upaya menghilangkan kebosanan siswa, sehingga penuh antusias dan partisipasi (suara, gerakan badan, mimik, posisi guru dan sebagainya) 

  1. Guru menerapkan metode yang sesuai dengan yang direncana-kan
  2. Memberi kesempatan bertanya pada siswa tentang kejelasan materi

20. Guru menggunakan alat/media pembeljaran secara efektif dan efisien

21. Menggunakan papan tulis/ white board dengan baik

22. Menggunakan bahasa seder-hana, mudah dimengerti dan memperhatikan kaidah yang berlaku

Penampilan

23. Kerapian berbusana

24. Kejelasan berbicara

25. Kewibawaan

 

Jumlah II
Nilai II à  (Juml.”ya, baik” x 100) : 28 = ………
III. Penutup 

26. Membuat rangkuman

27. Penilaian proses

28. Memberikan PR/ menyinggung materi yang akan datang/ penguatan

 

Jumlah III
Nilai III à (Juml.”ya, baik” x 100) : 28
Jumlah seluruhnya
Nilai kuantitatif
Kualifikasi

FORMAT C

DAFTAR PERTANYAAN PASCA PENGAMATAN

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Apakah pembelajaran sesuai dengan yang direnca-nakan?
2. Dapatkah saudara menjelaskan hal-hal yang dirasa-kan kurang memuaskan dalam proses pembelajar-an tadi?
3. Bagaimana perkiraan saudara mengenai keterca-paian kompetensi siswa?
4. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
5. Apa yang menjadi kesulitan saudara?
6. Marilah kita bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan berdasarkan pengalaman saudara dan pengamatan saya.
7. Dengan demikian apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikut ?

Kesan umum : .……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervsi,                                                        Penyelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian

Jumlah jawaban “ya, baik” Nilai kuantitatif Nilai kualitatif Keterangan
25 – 28 

20 – 24

15 – 19

< 15

86  – 100 

71 – 85

56 – 70

< 56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS

MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Tema/butir pembelajaran          : ……………………………………………………..

6.  Waktu                                            : ………………menit, jam ke, ……………………

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir :.……orang, tidak hadir : ……orang

8.  Nama pengamat                         : ……………………………………………………..

FORMAT A

DAFTAR PERTANYAAN PRA PENGAMATAN

Lamanya wawancara : ……………….. menit

NO. PERTANYAAN CATATAN WAWANCARA
1. Butir pembelajaran apa yang akan Saudara sajikan? Tema : ………………………………. 

Butir pembelajaran …………………

2. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa?  

………………………………………

3. Persiapan tertulis apa saja yang Saudara buat? Prog. Tahunan               : ada/tidak 

Prog. semester               : ada/tidak

Silabus                           : ada/tidak

Rencana pembelajaran   : ada/tidak

4. Dapatkah Saudara menceritakan penta-hapan pembelajaran? Tahapan yang disampaikan sesuai/ tidak sesuai dengan rencana/ 

Persiapan tertulis

5. Apakah materi-materi sumber kesulitan belajar siswa? a.  ……………………………………. 

b.  …………………………………….

c.  …………………………………….

d.  …………………………………….

6. Apakah dugaan Saudara mengenai sumber kesulitan belajar siswa? …………………….………………… 

……………………………………….

7. Bagaimana perasaan Saudara mengenai kesiapan Saudara mengajar? Siap/kurang siap …………………… 

…………………………………………

8. Metode apa yang akan digunakan? Metode ……………………………….. 

…………………………………………

9. Apakah Saudara akan menggunakan alat bantu? Jika tidak, mengapa? Jika ya, apa saja yang Saudara siapkan? mengapa alat-alat itu Saudara gunakan? ………………………..…………………. 

…………………………………………

………………………………………….

…………………………………………

………………….………………………..

 

10. Apakah Saudara tidak keberatan, apabila saya ikut mengamati pembelajaran di kelas Saudara ? ………………………………………… 

…………………………………………

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I. Pendahuluan 

1.  Guru telah menyiapkan alat bantu mengajar

2.  Guru menertibkan suasana belajar

3.  Guru melakukan presensi siswa

4.  Guru melaksanakan apersepsi

5.  Guru memberikan motivasi belajar

6.  Guru memberitahukan kompetensi dasar

7.  Guru memberikan tes awal

Jumlah I
Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 34 = ………….
II Kegiatan Inti 

8.  Guru menyampaikan materi sesuai dengan rencana pembelajaran

9.  Guru meberikan contoh-contoh yang mudah dipahami

10. Guru menguasai materi pelajaran

11. Guru menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

12. Guru menggunakan alat peraga yang menarik dan sesuai untuk membantu siswa mencapai kompetensi yang diharapkan

13. Guru menggunakan media pembelajaran

14. Guru menggunakan laboratorium bahasa (bagi yang memiliki lab.)

Keterampilan menyimak dan berbicara:

15. Guru mengajukan pertanyaan terbuka secara singkat dan jelas

16. Guru memberikan kesempatan berpikir kepada siswa untuk menjawab pertanyaan

17. Guru meminta siswa mengacung-kan tangan untuk menjawab

18. Guru sesekali menunjuk siswa yang tidak mengacungkan tangan

19. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemuka-kan masalah yang sesuai dengan materi pembelajaran yang dibahas.

 

YA
NO. ASPEK YANG DIAMATI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk berargu-mentasi memecahkan masalah
  2. Guru membahas argumentasi yang kurang tepat

22.Guru menyimpulkan hasil diskusi

Keterampilan membaca:

23. Guru memberi kesempatan mem-baca kepada siswa selama waktu tertentu

24. Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan tentang isi bacaan secara lisan.

25. Guru menyuruh siswa menjawab pertanyaan secara tertulis

26. Guru menilai hasil pekerjaan siswa secara langsung

27. Guru membahas bacaan dari segi kebermaknaan

28. Guru membahas bacaan dari segi penulisan.

Keterampilan menulis:

29. Guru memberikan latihan menulis

30. Guru menilai hasil pekerjaan siswa secara langsung

31. Guru bersama siswa membahas pekerjaan siswa

Jumlah II
Nilai II à  (Juml.”ya, baik” x 100) : 34  

 

 

……….

III. Penutup 

32. Guru membuat rangkuman

33. Guru melaksanakan penilaian proses

34. Guru memberikan tugas

Jumlah III
Nilai III à (Juml.”ya, baik”  x 100) : 34  

 

 

=

 

………..

Jumlah seluruhnya
Nilai kuantitatif = …….
Kualifikasi …….

FORMAT C

PEDOMAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Apakah pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan?
2. Dapatkah Saudara menjelaskan hal-hal yang dirasakan kurang memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
3. Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian kompetensi siswa?
4. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
5. Apa yang menjadi kesulitan Saudara?
6. Marilah kita bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan berdasarkan pengalaman saudara dan pengamatan saya!
7. Dengan demikian apa yang akan Saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?

Kesan umum   : ……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Penyelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian akhir

Jumlah jawaban “ya, baik” Nilai kuantitatif Kualifikasi Keterangan
31 – 34 

26 – 30

19 – 25

<     19

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<   56

B

C

D

amat baik 

baik

cukup

kurang

CLINICAL SUPERVISION INSTRUMENT

SUBJECT MATTER : ENGLISH

1.  Day /date                                      : …………………………………………………………..

2.  School                                           : …………………………………………………………..

3.  Teacher                                         : …………………………………………………………..

4.  Class (Grade) / term                    : …………………………………………………………..

5.  Theme                                           : …………………………………………………………..

6.  Sub theme                                   : …………………………………………………………..

7.  Time allocated                             : …………………minutes, the…………………… time

8.  Supervisor                                                : …………………………………………………………..

PART A

GUIDELINE FOR PRE OBSERVATION INTERVIEW

Duration of interview : …………… minutes

NO. QUESTIONS NOTES
1. What theme and sub theme materials will be taught? Theme   : …………………………………. 

Sub theme: ……………………………….

2. What competences are expected to be achieved? 

 

3. What kinds of preparation have you made? € Yearly program 

€ Term program

*  Syllabus

€ Lesson plan

4. What are the steps of your teaching process?  

 

5. Which materials do you think are difficult for the students to understand?
6. How are you going to overcome the difficulties? …………….………………………………. 

…. …………………………………………

7. What do you think about your teaching preparation? ………………….………………………….
8. What method will you apply in your teaching? ………….…………………………………. 

 

9. Will you use teaching aids? What kind of teaching aids do you use? Why do you use those teaching aids? ……………..……………………………… 

……………..………………………………

10. Do you mind if I observe the teaching learning activity in your class?

PART B

TEACHING AND LEARNING OBSERVATION CHECKLIST

YES
NO. ACTIVITIES NO  

GOOD

NEED IMPROVEMENT SCORE NOTES
A. Introduction :  

1.  Teacher prepares teaching aids

2.  Teacher creates learning atmosphere

3.  Teacher explains the basic competence

4.  Teacher gives  pretest

Number of check
A Score à (number of “yes good” x 100) : 34 = …….
B Core Activity 

5.  Teacher presents the subject based on the lesson plan

6.   Teacher gives some examples

7.   Teacher masters the teaching materials

8.   Teacher presents the materials in English

9.   Teacher uses teaching aids which enable students to understand the lesson

10. Teacher makes the lesson interesting

11. Teacher uses language laboratory

Listening and speaking skills

12. Teacher asks open ended questions clearly

13. Teacher motivates the students

14. Teacher asks the students to answer some questions by raising their hands

15. Teacher switch on the tape recorder and students listening to the native speaker

16. Teacher gives a chance to the students to think about the question  or task to be discussed

17. Teacher gives a chance to the students to practice their English in the class room

18. Teacher gives a chance to the students to solve problems in small groups

19. Teacher discusses about unsuitable arguments

 

 

20. Teacher summarizes the result of the discussion with students

Reading and writing skills

21. Teacher discusses the text intensively with the students

22. Teacher gives the students a chance  to read

23. Teacher asks the students to answer some questions orally

24. Teacher asks the students to answer the questions in writing

25. Teacher evaluates the students’ working directly

26. Teacher discusses the reading text

27. Teacher gives written exercises

28. Teacher asks the students to present the poem

29. Teacher asks the students to rewrite the test with their own words

30. Teacher gives feed back

 

Number of check
B Score à (number of “yes good” x 100) : 34 = …….
C. Closing 

31.  Teacher gives some home works

32.  Teacher makes  summary of the lesson

33.  Teacher evaluates the process of teaching and learning activities

34.  Teacher gives assignments

 

Number of check
C Score à (number of “yes good” x 100) : 34 = …….
 

Total score

 

 

…….

 

Qualification

 

……..

 

PART C

GUIDELINE FOR POST OBSERVATION INTERVIEW

NO. QUESTIONS ANSWERS
1. How about your feeling after teaching ?
2. How do you manage the students in the class room?
3. Is the time in giving materials enough? 

 

4. What are the students difficulties? 

 

5. Are you satisfied in your teaching? 

 

6. Do you achieve the target of your teaching? 

 

7. 

 

How about the technic in asking the    questions ?
8. Let’s identify together the conditions that can be improved based on your experience.
9. What theme will you teach in the next class session ? 

 

General impressions : ………………………………………………………..………………….

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Suggestions :

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Supervisor

Teacher                                                                                 School Supervisor/ Head master,

_____________________                                                 _______________________

Total Score

Number of  “yes good” answer Quantitative scores Qualification
31 – 34 

26 – 30

19 – 25

<     19

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<     56

A = Excellent 

B = Good

C = Fair

D = Poor

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Kompetensi Dasar / Topik         : ……………………………………………………..

6.  Waktu                                            : ………………menit, jam ke …………………….

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir :……orang, tidak hadir : ……orang

8.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA PENGAMATAN

Lamanya wawancara : ………………….. menit

NO. PERTANYAAN CATATAN PEWAWANCARA
1. Topik apa yang akan saudara sajikan? …………………………………………………… 

…………………………………………….

2. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa? …………………………………………… 

……………………………………………

……………………………………………

 

3. Dapatkah Saudara menceritakan pentahapan pengajaran? 

 

Pentahapan yang disampaikan sesuai/ tidak dengan persiapan
4. Apakah saudara akan menggunakan alat bantu? Jika tidak, mengapa? Jika ya, apa saja yang saudara siapkan ? Mengapa alat-alat itu digunakan ? ………………..………………………… 

…………………………………………..

…………….…………………………….

……………………………………………

5. Persiapan  tertulis apa saja yang saudara buat ? Silabus                             : ada/tidak 

Program tahunan              : ada/tidak

Program semester            : ada/tidak

Rencana pembelajaran     : ada/tidak

6. Bagaimana kesiapan saudara untuk tampil di depan kelas? Apakah ada dugaan mengenai sumber kesulitan belajar siswa ? Guru siap/kurang siap 

Dugaan sumber kesulitan :

…………………………………………..

…………………………………………..

7. Jika saya ikut mengamati pembelajar-an, bagian apakah yang  perlu menda-pat perhatian khusus ? 

 

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DIAMATI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I. Pendahuluan 

1.  Menertibkan suasana kelas/siswa

2.  Melaksanakan presensi

3.  Membangkitkan motivasi belajar

4.  Mengingatkan bahan apersepsi

5.  Memberitahukan kompetensi dasar

Jumlah I
Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 24 = …………
II 

A.

B.

C.

Pengembangan : 

Unsur materi

6.  Menguasai materi

7. Ada keteraturan materi

8. Ada kejelasan konsep

9. Ada proses penemuan rumus

10. Ada pemberian contoh/latihan

Unsur pembelajaran

11. Menjelaskan konsep melalui pera-gaan/ contoh

12. Melibatkan siswa melalui per-tanyaan/ penugasan

13. Menerapkan teknik bertanya yang baik

14. Menggunakan papan tulis/ papan petak dengan baik

15. Mengembangkan diskusi untuk memecahkan masalah

16. Mengelola waktu dengan baik

17. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan komunikatif

Unsur penilaian

  1. Mengajukan pertanyaan untuk menilai pemahaman siswa
    1. Berkeliling dan memberi bim-bingan kepada siswa lambat
    2. Memberikan kegiatan pengayaan bagi siswa yang cepat
    3. Memberi tes tertulis
Jumlah II
Nilai II à (Juml.”ya, baik” x 100) : 24 = ………
III 

 

Penutup 

  1. Membuat rangkuman

23.  Mengecek ketercapaian kompe-

tensi siswa

24.  Memberi tugas PR

Jumlah III
Nilai III à (Juml.”ya, baik” x 100) : 24 = ………
Jumlah Seluruhnya
Nilai ……..
Kualifikasi ……..

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA PENGAMATAN

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana perasaan saudara setelah menyajikan pembelajaran ini. Apakah sesuai dengan yang direncakaan?
2. Dapatkah saudara menjelaskan hal-hal yang dirasakan kurang memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?
3. Bagaimana perkiraan saudara mengenai ketercapaian kompetensi siswa?
4. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
5. Apa yang menjadi kesulitan saudara?
6. Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan itu?
7. Marilah kita bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan berdasarkan pengalaman saudara dan pengamatan saya !
8. Dengan demikian apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan yang akan datang ?

Kesan umum : ………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Pengamat : Pengawas Sekolah/

Kepala sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian

Jumlah jawaban “ya baik” Nilai kuantitatif Nilai kualitatif Keterangan
21 – 24 

17 – 20

13 – 16

<    13

86  – 100 

71 – 85

56 – 70

<      56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS IPA – 1

MATA PELAJARAN : ……………………………………

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Kompetensi Dasar / Topik         : ……………………………………………………..

6.  Waktu                                            : …………………menit, jam ke ………………….

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir :……orang, tidak hadir : … orang

8.  Metode                                          : eksperimen

9.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………… menit

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Topik apa yang akan Saudara sajikan? 

 

2. Mengapa Saudara menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran topik ini?
3. Alat dan bahan apakah yang saudara siapkan? Mengapa alat-alat itu Sudara gunakan?
4. Ceritakan pentahapan pembelajaran yang akan Saudara sajikan!
5. Persiapan tertulis apa yang Saudara siapkan? 

 

6. Apakah Saudara memperkirakan ada materi yang akan sulit dipahami oleh siswa? Jika ada, apa yang mungkin akan menjadi sumber kesulitan dan bagaimana upaya saudara untuk mengatasinya?
7. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran?
8. Jika kali ini saya ikut mengamati pembelajaran, bagian apakah yang perlu mendapat perhatian khusus ? 

 

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I Persiapan tertulis 

1.  Program tahunan

2.  Program semester

3.  Silabus

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Jumlah I
Nilai I à (Juml. “ya, baik x 100) : 30 =
II 

A

Pembelajaran 

Pendahuluan/Pra lab.

1.  Alat dan bahan sudah tersedia

2. Guru memeriksa kehadiran siswa

3. Setiap kelompok memiliki LKS

4. Guru menanyakan prasyarat pengetahuan

5. Guru memberikan motivasi

6. Judul dan kompetensi dasar dinya-nyatakan dengan jelas

7. Dilakukan pra eksperimen

8. Guru mengingatkan aspek kese-lamatan

Jumlah II A
Nilai II A à (Juml.”ya, baik x 100) : 30 =
B Kegiatan Inti / Kegiatan Lab. 

1.   Siswa mengecek kelengkapan alat bahan yang tersedia dalam kelompok

2.   Disediakan waktu tertentu untuk melakukan setiap kegiatan

3.   Percobaan yang dilakukan sesuai dengan kompetensi dasar / topik pembelajaran

4.   Guru mendatangi setiap kelompok untuk memberikan bimbingan yang diperlukan

5.   Setiap siswa terlibat dalam eksperimen kelompok

6.   Wakil kelompok melaporkan hasil percobaan

 

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
 

Pengembangan keterampilan proses 

Apakah siswa :

7.  Menggunakan alat & bahan untuk melakukan percobaan

8.  Mengenali/mengendalikan variabel dalam percobaan

9.  Mengamati perubahan yang terjadi selama percobaan

10.   Menafsirkan hasil pengamatan

11.   Mengkomunikasikan hasil perole-hannya

12.   Mengajukan pertanyaan/ide yang berbobot

13.   Menarik kesimpulan

Jumlah II B
Nilai II B à (Juml.”ya, baik x 100) : 30 =
C Kegiatan akhir/Post Lab. 

14.   Terjadi interaksi antar kelompok

15.   Guru bertindak sebagai fasilitator dalam diskusi kelas

16.   Siswa menghubungkan penge- tahuan yang baru diperoleh dalam situasi baru (teknologi atau kehidupan sehari-hari)

17.   Guru memberi pertanyaan untuk mengetahui ketercapaian kompe-tensi

18.   Siswa membersihkan alat & bahan yang telah selesai digunakan.

Jumlah II C
Nilai II C à (Juml.”ya, baik x 100) : 30 =
Jumlah seluruhnya
Nilai kuantitatif
Kualifikasi

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Bagaimana kesan Saudara setelah menyajikan pelajaran ini? Apakah sudah sesuai dengan yang Saudara rencanakan?
2. Coba Saudara ceritakan hal-hal yang Saudara rasa telah memuaskan dan hal-hal yang kurang memuaskan dalam pembelajaran tadi!
3. Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian kompetensi siswa?
4. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
5. Apa yang menjadi kesulitan Saudara?
6. Bagaimanakah alternatif untuk mengatasi kesulitan itu?
7. Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya !
8. Apa yang saudara sarankan untuk dilaksanakan pada pertemuan berikutnya ?

Kesimpulan   : ………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Penyelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian

Jumlah jawaban” ya, baik” Nilai kuantitatif Kualifikasi Keterangan
27 – 30 

22 – 26

16 – 21

<     16

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<     56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS  IPA – 2

MATA PELAJARAN : ………………………………

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Kompetensi Dasar / Topik         : ……………………………………………………..

6.  Waktu                                            : …………………menit, jam ke …………………..

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir :.……orang, tidak hadir…… orang

8.  Metode                                          : Demonstrasi

9.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………… menit

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Topik apa yang akan Saudara sajikan? 

 

2. Mengapa dalam pembelajaran ini Saudara menggunakan metode demontrasi?
3. Alat dan bahan apakah yang Saudara siapkan? Mengapa alat-alat itu Saudara gunakan?
4. Ceritakan pentahapan pembelajaran yang akan Saudara sajikan!
5. Persiapan tertulis apa yang Saudara siapkan ? 

 

6. Apakah Saudara memperkirakan ada materi yang akan sulit dipahami oleh siswa? Jika ada, apa yang mungkin akan menjadi sumber kesulitan dan bagaimana upaya Saudara untuk mengatasinya?
7. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran?
8. Jika kali ini saya ikut mengamati pembelajaran, bagian apakah yang perlu mendapat perhatian khusus?

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I Persiapan tertulis 

1.  Program tahunan

2.  Program semester

3.  Silabus

  1. Rencana Perencanaan Pembelajaran
Jumlah I
Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 28 =
II 

A

Pembelajaran 

Pendahuluan

1.  Alat dan bahan sudah tersedia

2. Guru memeriksa kehadiran siswa

3. Setiap kelompok memiliki LKS

4. Guru menanyakan prasyarat pengetahuan

5. Guru memberikan motivasi

6. Judul dan tujuan demonstrasi dinyatakan dengan jelas

Jumlah II A
Nilai II A à (Juml.”ya, baik” x 100) : 28 =
B Kegiatan inti / Kegiatan Lab

7.  Siswa dilibatkan dalam melakukan demonstrasi

  1. Demonstrasi dapat diamati oleh semua siswa
  2. Kegiatan yang didemonstrasikan sesuai dengan kompetensi dasar

10. Siswa mencatat data hasil demonstrasi

11. Diberikan waktu tertentu untuk mengisi LKS

Pengembangan keterampilan proses 

Apakah siswa :

12. Menggunakan alat & bahan untuk membantu melakukan demonstrasi

13. Mengenali/mengendalikan variabel dalam demonstrasi

14. Mengamati perubahan dalam percobaan yang didemonstrasikan

15. Menafsirkan hasil pengamatan

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
16. Mengkomunikaskan hasil perole-hannya  

17. Mengajukan pertanyaan/ide yang berbobot

18. Menarik kesimpulan

Jumlah II B
Nilai II B à (Juml.”ya, baik” x 100) : 28 =
C Kegiatan akhir / Post Lab. 

19. Terjadi interaksi antar siswa

20. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam diskusi kelas

21. Diskusi kelas menghasilkan kesimpulan yang sesuai dengan tujuan demonstrasi

  1. Siswa menghubungkan  pengeta-huan yang baru diperoleh dalam situasi baru (teknologi atau kehidupan sehari-hari)
  2. 23. Guru mengecek ketercapaian kompetensi siswa

24. Alat dan bahan yang telah selesai digunakan, dibersihkan.

Jumlah II C
Nilai II C à (Juml.”ya, baik” x 100) : 28 =
Jumlah seluruhnya
Nilai kuantitatif
Kualifikasi

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Bagaimana kesan Saudara setelah menyajikan pembelajaran ini? Apakah sudah sesuai dengan yang Saudara rencanakan?
2. Coba Saudara ceritakan hal-hal yang Saudara rasa telah memuaskan dan hal-hal yang kurang memuaskan dalam pembelajaran tadi!
3. Bagaimana perkiraan Saudara mengenai keter-capaian kompetensi dasar?
4. Apa yang menjadi kesulitan siswa? 

 

5. Apa yang menjadi kesulitan Saudara? 

 

6. Bagaimanakah alternatif untuk mengatasi kesulitan itu?
7. Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya !
8. Apa yang Saudara sarankan untuk dilaksanakan pada pertemuan berikutnya ?

Kesan umum  : ……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Penjelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian

Jumlah jawaban “ya, baik” Nilai kuantitatif Kualifikasi Keterangan
26 – 28 

21 – 25

15 – 20

<     15

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<     56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS  IPA – 3

MATA PELAJARAN : …………………………………..

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Kompetensi Dasar / Topik         : ……………………………………………………..

6.  Waktu                                            : ………………menit, jam ke ……………………..

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir: ……orang, tidak hadir: ……orang

8.  Metode                                          : Diskusi kelompok

9.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………… menit

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Topik apa yang akan Saudara sajikan? 

 

2. Mengapa dalam pembelajaran kali ini Saudara menggunakan metode diskusi kelompok?
3. Apakah Saudara akan menggunakan alat peraga atau alat bantu? Jika tidak, mengapa? Jika ya, apa saja yang Saudara siapkan? Mengapa alat-alat itu Saudara gunakan?
4. Ceritakan pentahapan pembelajaran yang akan Saudara sajikan!
5. Persiapan tertulis apa yang Saudara siapkan? 

 

6. Apakah Saudara memperkirakan ada materi yang akan sulit dipahami oleh siswa? Jika ada, apa yang mungkin akan menjadi sumber kesulitan dan bagaimana upaya Saudara untuk mengatasinya?
7. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran?
8. Jika kali ini saya ikut mengamati pembelajaran, bagian apakah yang perlu mendapat perhatian khusus? 

 

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I Persiapan tertulis 

1.  Program tahunan

2.  Program semester

3.  Silabus

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Jumlah I
Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 25 =
II 

A

Pembelajaran 

Pendahuluan

1.  Tersedia alat Bantu/media (tabel, carta, model, OHP,dan sebagainya)

2.  Guru memeriksa kehadiran siswa

3.  Judul dan kompetensi dasar  dinyatakan dengan jelas

4.  Guru memberikan motivasi

5.  Guru menanyakan prasyarat pengetahuan

6.  Guru telah menyiapkan tugas kelompok (daftar pertanyaan/ masalah/data suatu percobaan)

B Kegiatan inti 

  1. Siswa mengerjakan tugas kelompok
  2. Disediakan waktu tertentu untuk diskusi kelompok
  3. Guru mendatangi kelompok-kelom-pok untuk memberikan bimbingan

10. Terjadi interaksi antar siswa

11. Materi yang didiskusikan sesuai dengan kompetensi dasar

12. Siswa melaporkan hasil diskusi

13.Siswa mengajukan pertanyaan/ide yang berbobot

14. Menarik kesimpulan

 

Jumlah II B
Nilai II B à (Juml.”ya, baik” x 100) : 25 =
YA
NO. ASPEK YANG DIAMATI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
C Kegiatan akhir 

15. Perwakilan kelompok mempre-sentasikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain

16. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam diskusi kelas

17. Rangkuman hasil diskusi ditulis di papan tulis

18. Siswa diberi waktu untuk mencatat rangkuman

19. Siswa menghubungkan  pengeta-huan yang baru diperoleh dalam situasi baru (teknologi atau kehidupan sehari-hari)

20. Guru mengecek ketercapaian kompetensi siswa

21. Guru memberitahukan tugas untuk pertemuan berikutnya.

Jumlah II C
Nilai II C à (Juml.”ya, baik” x 100) : 25 =
Jumlah seluruhnya
Nilai Kuantitatif
Kualifikasi 

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Bagaimana kesan Saudara setelah menyajikan pembelajaran ini? Apakah sudah sesuai dengan yang Saudara rencanakan?
2. Coba Saudara ceritakan hal-hal yang Saudara rasa telah memuaskan dan hal-hal yang kurang memuaskan dalam pembelajaran tadi!
3. Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian kompetensi siswa? 

 

4. Apa yang menjadi kesulitan siswa? 

 

5. Apa yang menjadi kesulitan Saudara? 

 

6. Apakah alternatif  untuk mengatasi kesulitan itu?
7. Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya !
8. Apa yang Saudara sarankan untuk dilaksanakan pada pertemuan berikutnya ? 

 

Kesan umum   : ……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Penyelia : Pengawas Sekolah/

Guru yang disupervisii,                                                      Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian

Jumlah jawaban ya Nilai kuantitatif Nilai kualitatif Keterangan
22 – 25 

18 – 21

14 – 17

<     14

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<     56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS  IPA – 4

MATA PELAJARAN : ………………………………..

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Kompetensi Dasar / Topik         : ……………………………………………………..

6.  Waktu                                            : ………………menit, jam ke ……………………..

7.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir:………orang, tidak hadir:…….orang

8.  Metode                                          : Ceramah

9.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………… menit

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Topik apa yang akan Saudara sajikan? 

 

2. Mengapa Saudara menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran topik ini?
3. Apakah Saudara akan menggunakan alat peraga atau alat bantu? Jika tidak, mengapa? Jika ya, apa saja yang Saudara siapkan? Mengapa alat-alat itu Saudara gunakan?
4. Ceritakan pentahapan pembelajaran yang akan Saudara sajikan!
5. Persiapan tertulis apa yang Saudara siapkan? 

 

6. Apakah Saudara memperkirakan ada materi yang akan sulit dipahami oleh siswa? jika ada, apa yang mungkin akan menjadi sumber kesulitan dan bagaimana upaya Saudara untuk mengatasinya?
7. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran?
8. Jika kali ini saya ikut mengamati pembelajaran, bagian apakah yang perlu mendapat perhatian khusus? 

 

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PEMBELAJARAN

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I Persiapan tertulis 

1.  Program tahunan

2.  Program semester

3.  Silabus

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Jumlah I
Nilai I à (Juml.”ya, baik x 100) : 34 =
II 

A

Pembelajaran 

Pendahuluan

1.  Tersedia alat bantu/media (tabel, carta, OHP, dan sebagainya)

2. Guru memeriksa kehadiran siswa

3. Judul dan kompetensi dasar dinyatakan dengan jelas

4. Guru memberikan motivasi

5. Guru menanyakan prasyarat pengetahuan

Jumlah II A
Nilai II A à (Juml.”ya, baik” x 100) : 34 =
 

B

 

Kegiatan inti

6.  Suara guru terdengar jelas

7.  Urutan bahan pelajaran disajikan secara sistematis

  1. Penjelasan guru diselingi dengan pertanyaan
  2. Siswa mengajukan ide/pertanyaan yang berbobot

10. Materi yang dibahas sesuai dengan kompetensi dasar

11. Terjadi interaksi antar siswa

Teknik bertanya

12.Pertanyaan diajukan ke seluruh kelas

13.Guru memberi waktu tunggu, kemudian menunjuk salah seorang siswa untuk menjawab pertanyaan

14. Pertanyaan disebarkan secara merata

15. Menggunakan bahasa yang seder- hana dan jelas

16.Guru menanggapi semua jawaban siswa dengan baik

17.Guru memberi pujian terhadap jawaban yang benar

 

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
 

18.Guru menanggapi jawaban yang kurang tepat tanpa menyinggung perasaan siswa

19. Guru meminta pendapat siswa lain terhadap jawaban salah satu siswa

20. Guru memotivasi siswa untuk menyempurnakan jawaban yang kurang lengkap

21. Menghindari  jawaban serentak

 

Penggunaan papan tulis

22. Tulisan guru jelas dan dapat dibaca oleh semua siswa

23. Dipisahkan tempat untuk menulis hal-hal yang segera dihapus dan hal-hal yang tidak dihapus sampai akhir pembelajaran

24. Posisi guru tidak menghalangi pandangan siswa terhadap tulisan di papan tulis.

Jumlah II B
Nilai II B à (Juml.”ya, baik” x 100) : 34 =
 

C

 

Kegiatan akhir

25. Hal-hal penting dicatat di papan tulis

26. Siswa diberi waktu untuk mencatat hal-hal penting

27. Dibuat rangkuman hasil pembelajaran

28. Siswa menghubungkan pengeta-huan yang baru diperoleh dalam situasi baru (teknologi atau kehidupan sehari-hari)

29. Guru memberi pertanyaan untuk mengecek ketercapaian kompe-tensi siswa

30. Guru memberitahukan  tugas untuk pertemuan berikutnya.

Jumlah II C
Nilai II C à (Juml.”ya, baik” x 100) : 34 =
Jumlah seluruhnya
Nilai  kuantitatif
Kualifikasi

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN CATATAN PENGAMAT
1. Bagaimana kesan Saudara setelah menyajikan pembelajaran ini? Apakah sudah sesuai dengan yang Saudara rencanakan?
2. Coba Saudara ceritakan hal-hal yang Saudara rasa telah memuaskan dan hal-hal yang kurang memuaskan dalam pembelajaran tadi!
3. Bagaimana perkiraan Saudara mengenai keter-capaian kompetensi dasar?
4. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
5. Apa yang menjadi kesulitan Saudara?
6. Bagaimana alternatif untuk mengatasi kesulitan itu?
7. Marilah bersama-sama kita identifikasi hal-hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan berdasarkan kegiatan yang baru saja Saudara lakukan dan pengamatan saya!
8. Apa yang Saudara sarankan untuk dilaksanakan pada pertemuan berikutnya? 

 

Kesan umum   : ……………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Penyelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian akhir

Jumlah jawaban “ya, baik” Nilai kuantitatif Kualifikasi Keterangan
31 – 34 

26 – 30

19 – 25

<     19

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<     56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS

KEGIATAN PRAKTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Jenis/cabang olahraga              : ……………………………………………………..

6.  Kompetensi Dasar                      : ……………………………………………………..

7.  Waktu                                            : …………………menit, jam ke ..………………..

8.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir:…….orang, tidak hadir: …… orang

9.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT  A

PANDUAN WAWANCARA  PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………… menit

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Cabang/jenis olahraga apa yang akan dipraktikkan? 

 

2 Persiapan tertulis apa saja yang Saudara buat?
3. Lapangan dan alat olahraga apa yang akan digunakan? 

 

4. Kompetensi apa yang diharapkan dari siswa? 

 

5. Dapatkah Saudara menjelaskan tahapan-tahapan yang akan dilakukan di lapangan? 

 

6. Apakah saudara dalam keadaan sehat? 

 

7. Bagaimana kalau saya ikut mengamati di lapangan? 

 

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI KEGIATAN

K0M- YA
NO PONEN ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
I Penda-huluan 1.  Penyediaan sarana/alat 

2.  Penertiban suasana di lapangan

3.  Guru dan siswa menggunakan pakaian olahraga

4.  Mengecek presensi siswa

5.  Pemberitahuan cabang/jenis olahraga yang akan dipraktik-kan

6.  Pemanasan dan memotivasi siswa

Jumlah I
Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 19 =
II Kegiatan 

Inti

A. Unsur pengembangan 

7.  Memberi petunjuk dengan contoh

8.  Memberi instruksi

B. Unsur pelaksanaan

9.  Siswa melaksanakan praktik

10. Memperbaiki kesalahan siswa

11. Menggunakan sarana / alat olahraga

12. Menciptakan rasa ingin kerja sama antar siswa

13. Menumbuhkan sportivitas pada siswa

14. Memperhatikan kemampuan fisik siswa di lapangan

15. Evaluasi/perbaikan

C. Penampilan.

16. Kejelasan memberikan ins-truksi.

17. Kewibawaan.

Jumlah II
Nilai II à (Juml.”ya, baik” x 100) : 19 =
III Penutup 18. Penenangan dan pendinginan 

19. Memberitahukan cabang/jenis olahraga pada praktik yang akan datang.

Jumlah III
Nilai III à (Juml.”ya, baik” x 100) : 19 =
Jumlah seluruhnya
Nilai kuantitatif
Kualifikasi 

 

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana perasaan Saudara setelah melaksanakan praktik di lapangan: apakah sesuai dengan rencana?
2. Coba Saudara ceritakan hal-hal yang memuaskan maupun yang tidak memuaskan!
3. Ha-hal apa saja yang menjadi kesulitan saudara dan kesulitan siswa? 

 

4. Apakah alternatif  untuk mengatasi kesulitan-kesulitan ini ? 

 

5. Mari kita sama-sama mengidentifikasi hal-hal yang sudah mantap dan yang masih perlu peningkatan berdasarkan apa yang baru saudara lakukan dan pengamatan saya! 

 

6. Apa yang akan saudara tingkatkan pada pelaksanaan praktik olahraga yang akan datang?

Kesan umum : …………….………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : …………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Penyelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian akhir

Jumlah jawaban” ya, baik” Nilai kuantitatif Kualifikasi Keterangan
17 – 19 

14 – 16

10 – 13

<     10

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<     56

B

C

D

 

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KEGIATAN LAYANAN

BIMBINGAN DAN KONSELING

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Jenis layanan                              : ……………………………………………………..

6.   Topik layanan                             : ……………………………………………………..

7.  Waktu                                            : ……………………………………………………..

8.  Nama penyelia                            : ……………………………………………………..

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………….. menit

NO. PERTANYAAN CATATAN WAWANCARA
1. Kegiatan layanan apa yang akan Saudara sampaikan? 

 

2. Kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa?
3. Nilai apa yang akan dikembangkan? 

 

 

 

4. Sikap apa yang diharapkan menjadi kebiasaan siswa dari hasil layanan? 

 

5. Persiapan tertulis apa saja yang Saudara buat? Prosem/prota : ada/tidak 

Rencana pelayanan : ada/tidak

Satlan/Satkung : ada/tidak

6. Dapatkah Saudara menceritakan tahapan pelayanannya? 

 

Tahapan sesuai/tidak sesuai dengan persiapan
7. Adakah respon/ sikap siswa yang diang-gap menghambat dalam pelaksanaan layanan?
8. Bagaimana kesiapan Saudara untuk memberikan layanan? 

 

 

 

9. Metode apa yang akan Saudara gunakan? 

 

10. Bagaimana kalau saya turut mengamati pelaksanaan layanan ini? 

 

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA PENGAMATAN

YA
NO. ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
 

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

PENDAHULUAN 

Guru pembimbing (GP) menertibkan suasana dan mengecek presensi siswa

GP melakukan apersepsi

GP memberikan motivasi kepada siswa

Menginformasikan tujuan layanan

Guru pembimbing dalam menyam-paikan kegiatan layanan penuh percaya diri

GP menguasai dan melaksanakan materi layanan sesuai dengan satuan layanan

UNSUR PELAYANAN:

Menjelaskan kegiatan layanan dengan metode yang relevan.

Melibatkan siswa dengan tanya jawab

Mengembangkan diskusi

UNSUR PENILAIAN:

Mengajukan pertanyaan untuk menilai pemahaman siswa.

Mengisi LKS sesuai pemahaman siswa terhadap layanan yag diberikan

PENAMPILAN:

Kerapian dan keserasian berbusana

Kejelasan berbicara

Pendekatan dengan siswa

Kewibawaan

PENUTUP:

Bersama siswa menyimpulkan isi pokok atau pesan materi layanan

Penilaian proses pencapaian kompetensi

Pemberian tugas

Jumlah
Kualifikasi

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA PENGAMATAN

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana pendapat Saudara setelah menyajikan pelayanan ini?
2. Apakah kegiatan layanan sudah sesuai dengan yang direncanakan?
3. Hal-hal apa yang menurut Saudara sudah memuas-kan dan belum memuaskan dalam proses layanan?
4. Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian kompetensi siswa?
5. Apa yang menjadi kesulitan siswa?
6. Apa yang menjadi kesulitan saudara?
7. Apakah alternatif  untuk mengatasi kesulitan?
8. Marilah kita bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan berdasarkan pengalaman Saudara dan pengamatan saya.
9. Dengan demikian apa yang Saudara tingkatkan untuk pertemuan yang akan datang?

Kesan umum : ………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Penyelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina

——————————                                                           ————————————-

Penilaian

Jumlah jawaban “ya, baik” Kualifikasi Keterangan
17 – 18 

14 – 16

10 – 13

<     10

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI KLINIS KEGIATAN PRAKTIK

MATA PELAJARAN SENI BUDAYA

1.  Hari/tanggal                                 : ……………………………………………………..

2.  Nama sekolah                             : ……………………………………………………..

3.  Nama guru                                   : ……………………………………………………..

4.  Kelas/semester                            : ……………………………………………………..

5.  Jenis kegiatan                             : ……………………………………………………..

6.  Kompetensi Dasar                      : …………….……………………………………….

7.  Jenis Seni Budaya                     : ……………………………………………………..

8.  Waktu                                            : ………………menit, jam ke ..…………………..

9.  Jumlah siswa                              : ………orang, hadir: ……orang, tidak hadir: ……. orang

10.Nama penyelia                           : ……………………………………………………..

FORMAT A

PANDUAN WAWANCARA PRA OBSERVASI

Lamanya wawancara : ……………….. menit

NO. PERTANYAAN CATATAN WAWANCARA
1. Jenis seni budaya apa yang akan dipraktikkan/dilaksanakan? 

 

2. Alat kesenian apa yang akan digunakan? 

 

3. Persiapan tertulis apa saja yang Anda buat ? 

 

4. Apakah Anda akan menggunakan alat peraga atau alat bantu? 

 

5. Kompetensi apa yang diharapkan dari siswa setelah mengikuti pembelajaran?  

 

6. Sikap apa yang diharapkan dari siswa? 

 

7. Dapatkah Anda menjelaskan tahapan-tahapan praktik seni budaya sesuai yang direncanakan? 

 

8. Metode apa yang akan Anda gunakan dalam pembelajaran ? 

 

9. Bagaimana kalau saya turut mengamati pembelajaran praktik seni budaya? 

 

FORMAT B

DAFTAR PERIKSA OBSERVASI PRAKTIK SENI BUDAYA

YA
NO. KOM- 

PONEN

ASPEK YANG DINILAI TIDAK BAIK PERLU DIPERBAIKI KET
 

I

 

Penda-huluan

 

  1. Penyediaan alat bantu/ peraga
  2. Penertiban suasana di ruang / kelas seni budaya
  3. Guru memeriksa kehadiran siswa
  4. Pemberitahuan jenis seni budaya yang akan dipraktikkan/ dilaksanakan
  5. Guru memotivasi siswa
  6. Guru telah menyiapkan tugas untuk siswa
 

Jumlah I

 

Nilai I à (Juml.”ya, baik” x 100) : 20

=
 

II.

 

Kegiatan

Inti

 

A. Unsur Pengembangan

7.  Menjelaskan dengan contoh/alat peraga.

8.  Urutan materi pembelajaran disajikan secara sistematis.

9.  Siswa mengajukan pertanyaan yang kraetif.

10. Guru memberi tugas kepada siswa untuk melakukan praktik seni budaya.

B. Unsur Pelaksanaan

11. Siswa melakukan aktivitas dalam kegiatan praktik seni budaya

12. Siswa menggunakan alat-alat kesenian dengan baik dan benar.

13. Guru memperhatikan siswa dalam kegiatan praktik seni budaya

14. Guru memperbaiki kesalahan siswa.

15. Guru memotivasi siswa agar meningkatkan kualitas dalam melaksanakan praktik seni budaya

16. Mengadakan evaluasi dan perbaikan

C. Penampilan Guru

17. Rapi, bersih, ceria dan disiplin

18. Berwibawa

 

 

Jumlah II
Nilai II à (Juml.”ya, baik” x 100) : 20 =
 

III.

 

Kegiatan akhir

 

19. Guru memberi tes akhir kegiatan

untuk mengecek ketercapaian kompetensi

20. Guru memberi pekerjaan rumah

 

Jumlah III

 

Nilai II à (Juml.”ya, baik” x 100) : 20

=
Jumlah seluruhnya
Nilai Kuantitatif
Kualifikasi

FORMAT C

PANDUAN WAWANCARA PASCA OBSERVASI

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1. Bagaimana perasaan Anda setelah melaksanakan pembelajaran praktik seni budaya, apakah sesuai dengan yang direncanakan?
2. Coba Anda ceritakan hal-hal yang anda rasa telah memuaskan dan hal-hal yang kurang memuaskan dalam pembelajaran tadi!
3. Adakah kesulitan materi yang dilakukan dan diekspresikan? 

 

4. Berdasarkan pengalaman, bagaimana cara Anda  mengatasi kesulitan yang terjadi?
5. Marilah bersama-sama mengidentifikasi hal-hal yang telah mantap dan yang perlu peningkatan berdasarkan kegiatan yang baru saja Anda laksanakan dan pengamatan saya!
6. Apakah yang akan Anda tingkatkan pada pertemuan yang akan datang ?

Kesan umum : ………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Saran : ……………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

Guru yang disupervisi,                                                       Penyelia : Pengawas Sekolah/

Kepala Sekolah/Guru Pembina,

——————————                                                           ————————————-

Penilaian akhir

Jumlah jawaban ya Nilai kuantitatif Nilai kualitatif Keterangan
18 – 20 

15 – 17

11 – 14

<     11

86 – 100 

71 – 85

56 – 70

<     56

B

C

D

Amat baik 

Baik

Cukup

Kurang

INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK

(UMUM UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

1.  Nama sekolah                 : ………………………………………………………

2.  Nama guru                       : ………………………………………………………

3.  Mata pelajaran                 : ………………………………………………………

4.  Kelas / semester              : ………………………………………………………

5.  Hari/tanggal/ jam ke       : ………………………………………………………

6.  Topik/ tema                       : ………………………………………………………

7.  Jumlah siswa                  : ………orang, hadir: ………orang, tidak hadir: ……. orang

Ya/ ada Tidak/
No Kegiatan/kondisi Skor Tdk ada Catatan
4 3 2 1 0
I PERSIAPAN
1 Standar kompetensi & Kompetensi Dasar
2 Program Tahunan & Program Semester
3 Silabus dan Penilaian
4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
5 Buku nilai memuat semua tagihan yang telah dilaksa-nakan
II KEGIATAN PEMBELAJARAN
A PENDAHULUAN
1 Kesiapan alat bantu & media pembelajaran
2 Apersepsi dan motivasi
3 Menuliskan topik pembelajaran
4 Memberitahukan Kompetensi Dasar atau Indikator
5 Menyiapkan bahan ajar
B KEGIATAN POKOK
1 Penguasaan materi
2 Pengelolaan kelas
3 Metode/ pendekatan yang bervariasi
4 Penggunaan alat bantu/media pembelajaran
5 Peran guru sebagai fasilitator/Bimbingan kepada siswa
6 Teknik bertanya
7 Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
8 Pengembangan keterampilan siswa: 

a. menggali informasi dari berbagai sumber

b. mengolah informasi/data
c. memecahkan masalah/melakukan penelitian 

 

Ya/ ada Tidak/
No Kegiatan/ kondisi Skor Tdk ada Catatan
4 3 2 1 0
d.  berkomunikasi lisan/tertulis (pidato/ presentasi/ mengarang, dsb)
e. mengajukan ide/pertanyaan kreatif/berbobot
f. menghubungkan materi pembelajaran dengan budi pekerti/teknologi/kehidupan sehari-hari/lingkungan
g. mengambil keputusan/menarik kesimpulan
9 Sikap dan minat siswa dalam pembelajaran: 

a. kehadiran siswa

b. membawa buku pelajaran yang relevan
c. buku catatan rapi
10 Pencapaian kompetensi dasar dan atau indikator
C PENUTUP
1 Pelaksanaan pembelajaran tepat waktu
2 Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
JUMLAH SKOR (P)
 

PENGOLAHAN NILAI à (P x 100) : 120

 

=

 

……

 

Kesan umum  : ……………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………….

Saran              : ……………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………….

Kepala Sekolah                               Guru Mata Pelajaran                                   Penyelia

……………………                            ………..………………                                    …………………

SSS

Tentang gun4w4nseti4di

I am a headmaster
Pos ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s